Minggu, 11 Mei 2014

introduce my Self



          Ada istilah “Gak kenal, maka Gak Sayang”, kalau “Mau disayang, yaa Perlu Kenal”. Untuk itulah saya mulai menulis dan memperkenalkan diri, di blog saya ini. Sebelum itu saya mau ngungkapin rasa Terimaa Kasiih bangett , Buat Gusti Yesus , yang sampe saat ini masih ngasih gua Nafas dan berbagai berkat sampe gua bisa ngelakuin segala aktivitas gua.
            Teruuss, buat ortu Gua (Mama), yang selalu Support gua, dalam segala tindakan, yang penting gak aneh-aneh dan dapat bermanfaat untuk orang lain.
            Lalu, untukk Mr. Heru Cahyono, yang ngajarin gua pelajaran TIK sekaligus ngajarin gua buat blog.
            Teruss, untuk kakak gua (Emma) yang udah ngebantu’in materil dan bahan-bahan yang perlu di’isi dalam blog ini.
            Dan juga untuk Bang Mail, yang udah bantu ngerancang, dan nge-desain blog ini.
            Buat semua Guruku dan semuanya (yang gak bisa disebutin satu per-satu) yang udah ngasih sumbangan Materil, dukungan, dan doa buat saya.
            Dan pastinyaa, buat Kamuu ,  yang Luangin waktu, tenaga dan ingin membaca semua tulisan-tulisankuu ini.
            Saya tentu gak bisa buat banyak hal, tapi saya mungkin hanya bisa berdoa buat Kalian semuaa .
            I hope, blog saya ini dapat menjadi sumber Motivasi bagi semua orang, menjadi sarana Berkat demi membantu orang lain, dan dapat Memajukan nama Bangsa dan Negara, serta Nama Tuhan Yesus semakin dapat dimuliakann ..

                                                Introduce

Nama lengkap saya, itu Zeperino Juan Izako de Araujo Xavier Renyaan {Jeferino Zuan Izako de Arauzo (bentuk pelafalan)}. Yaa, sedikit cenderung kebarat-baratan kan ? huahaha, maklumlah ayah saya adalah keturunan Bangsa Timor dari suku Tetun, yang mendiami Timor Leste. Namun meskipun begitu, saya tetap orang asli Indonesia lohh , karena Ibu saya yang merupakan seorang Wanita berdarah Kei di Maluku Tenggara.
Nama panggilan Saya Itu Jefri, tapi sering juga dipangil Jeje (rada-rada gak nyambung yaa ? antara nama lengkap dan nama panggilan ? huahaha :D).  Jefri itu adalah nama kependekan saya, yang diambil dari kata Zeperino (orang Timor Tetun melafalkan huruf Z dengan kata J. ini dikarenakan pengaruh bangsa Portugis yang cukup Kuat dan Kental di pulau Timor).
Naah, terlepas dari situ, saya adalah seorang anak Laki-laki yang ke-4 dari 4 bersaudara (anak Bungsu) yang lahir di Pulau karang Panas (Pulau Biak). Tepatnya tanggal 14 Januari di tahun 1999 .
Saya terlahir dari Pasangan seorang bapak dan Seorang Ibu (monogami lohh ), yaitu  Bpk. Thomas De Araujo Xavier (Thomas De Arauzo {bentuk Pelafalan}), seseorang yang berasal dari suku Timor Tetun, dan dari wanita yang mendidik saya dengan Keras dan Disiplin, namun penuh Kasih Sayang yaitu Ibu. Constantine Renyaan.
Orang-orang disekitar saya berkata bahwa saya adalah seseorang yang Humoris, Lucu, Baik, sabar, Manis, Pinterr, mudah bergaul, punya rasa Toleransi yang tinggi, dan beberapa kebaikan lainnya dan tentunya saya punya pesona Inner-handsome (geer  huahaha). Hanya saja, saya Cenderung Pemarah, Boros, sedikit Sombong dan malu untuk bergaul lebih dahulu. Tapi tenang aja kokk, jangan takut sama saya, soalnya saya gak gigit, saya makannya nasi, bukan Manusia :D
Saya dibesarkan dalam Keluarga Katolik yang memegang teguh ajaran agamanya, namun tetap penuh dengan rasa Toleransi antar agama (maklumlah, Suku Timor dan Suku Kei, merupakan salah satu Suku yang sangat Taat dalam menganut ajaran agama Katolik).
Saya sangat aktif dalam berbagai organisasi di Lingkungan Sekolah maupun Gereja. Saya aktif dalam Kegiatan Putra-Putri Altar (Misdinar) semenjak tahun 2009 sampai saat ini  (kira-kira udah cukup tua di organisasi ini ). Saya juga aktif dalam perkumpulan Pemazmur, Orang Muda Katolik (OMK), pendampingan Bina Iman, Paduan Suara dan berbagai kegiatan lain.
Di sekolah, saya aktif dalam Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah, dimana saya dipercayakan menjabat sebagai Wakil Ketua Osis, periode 2013-2014. Setelah sebelumnya, ditahun 2012-2013, saya menjabat sebagai Koordinator Bidang ketrampilan dan Kreativitas. Saya juga adalah Duta Sanitasi Provinsi Papua tahun 2013.
Saya sangat mencintai Budaya bangsa Indonesia loh , menurut saya, segala hal tentang keragaman bangsa Kita, merupakan tanggung jawab kita semua, para Kaum Muda, yang bakal menjadi Penerus bangsa kita . Karena kecintaan saya itu, saya banyak mempelajari tentang Budaya dan aneka Keragaman lain bangsa Kita.
Saya cukup menguasai beberapa Bahasa Daerah dan Logat kedaerahan , seperti Bahasa dan logat Batak, Jawa, Sunda, Flores Lamaholot, Timor Tetun, Kei, Wos  Byak (bahasa Biak), Padang, Minahasa, Makassar, dan tentunya bahasa serta logat Masyarakat Toraja. Saya juga piawai dalam memainkan beberapa alat musik seperti Organ/Piano, Harmonica, Suling, dan Tifa. Dan juga saya telah mempelajari beberapa bentuk tarian dan kesenian Kedaerahan seperti, Wayang Kulit, tari Pagel’lu, tari Kipas dan perahu Belang dari Kei, tari Yospan asal Papua, Poco-poco, tari Tor-Tor, wayase, tarian Minahasa, tarian Lamaholot. Saya Juga sangat gemar akan Kulinerr khas indonesia, yang pastinya membuat Lidah saya bergoyang . Contohnya Rendang ala Padang, Soto Betawi, Ketoprak ala Jakarta, Coto Makassar, Kondro Karebosi khas Makassar, Papeda ala Papua, enbal dan arwan Sirsir khas Kei, Bacem, Tahu penyet, gudeg khas Jawa, Pepes dan Oncom khas Suku Sunda, daging Ba’i (Ba**, #maaf disensorr dikit ) dengan tumisan daun Mayana serta Nasi bambu ala Toraja, Ba’i Rica-rica dan sambal dabu-dabu ala Manado, dan tentunya masih banyak kuliner lain yang khas Indonesia dehh .  Namun, saya masih ingin mempelajari berbagai tarian dan kesenian daerah. Saya ingin lebih banyak orang mengetahui bahwa Indonesia itu Indah.
Jenjang pendidikan saya, dimulai dari sebuah Taman Kanak-Kanak di Pulau Biak, yang cukup terkenal dalam meningkatkan SDM masyarakat Biak Numfor. Yaitu TK YPPK  Sukaria, dari tahun 2003-2005 guru Favorite saya yaitu ibu. Maria Kalesaran (ibu Kepala Sekolah, di zaman saya), ibu. Emiliana Sarjilah dan Ibu. Yustina Kewa Teka, serta ibu. Regina Rumansara {soalnya, saya murid paling disayang #geer}.
Setelah itu, saya masih tetap melanjutkan bersekolah di sebuah Yayasan Pendidikan Persekolahan Katolik Tillemans (YPPKT) di Kota Biak yaitu SD St (Santo) Yoseph 1. Saya bersekolah dimulai dari tahun 2005-2011, dan guru Favorite saya adalah ibu. Masni Nainggolan dan ibu Imelda Palang Paji.
Setelah menamatkan Pendidikan Dasar, saya melanjutkan ke Jenjang pendidikan Menengah Pertama. Saya menambatkan hati saya pada SMP Negeri 1 Biak Kota yang terkenal sangat Disiplin dalam banyak hal. Saat itu Kepala Sekolah saya adalah bpk. Marojaan Siahaan SE (ompu Siahaan )  yang sangat Disiplin dan Tegas, beliau yang mengajari pelajaran Matematika pada saya di kelas 1. Namun, masa kepemimpinan beliau berakhir sejak saya duduk dibangku kelas 2. Semenjak itu, Sekolah kami dipimpin oleh seseorang yang cukup terkenal akan Kepandaiannya yaitu Bpk. Heru Sukoco S,pd M,pd. Namun, beliau kurang mengamalkan kepandaiannya dalam mendidik kami, sehingga sekolah kami cenderung terkesan Amburadul (Maaf). Beruntunglah keadaan tersebut tidak terlalu lama. Beliau mengundurkan diri, dan tugasnya diambil alih sementara oleh salah seorang guru favorite yang mengajari pelajaran Bahasa Indonesia pada saya   yaitu Bpk. Kardin S,pd. Guru Favorite saya yang lainnya yaitu Inang Masni Nainggolan, Mem. Martha Sinda, dan Amang Sihombing :D
Kini, saya telah duduk di bangku Kelas 3 SMP, saya pun telah memutuskan sebuah Sekolah Menengah Lanjutan tingkat Atas yang akan saya tempati untuk menimba Ilmu. Sekolah itu Cukup terkenal di Indonesia, namun letaknya cukup jauh dari Kota yang saya tinggalli (kota Biak ), yaitu di kabupaten Magelang, di daerah Mertoyudan. Yaa, saya memutuskan untuk berpisah dari orang tua saya, sanak keluarga saya, dan juga teman-teman, para Sahabat dan Handai taulan yang sudah sangat berjasa dalam hidup saya ini. Semuanya tentu punya Konsekuensi yang saya ambil, namun itu semua demi kepentingan saya di masa depan, terpaksa saya harus meninggalkan mereka. Saya telah memutuskan untuk melanjutkan pendidikan saya di SMA Seminari Katolik St. Petrus Canisius, Mertoyudan. Dan Puji Tuhan saya telah diterima sebagai Seminaris Baru. Sekolah lanjutan, tempat saya menimba ilmu ini adalah sebuah Seminari (sekolah khusus tempat bagi orang yang tertarik dengan kehidupan Religius {tempatnya calon Imam/Rohaniawan Katolik}). Terdengar asing mungkin dikalangan sebagian orang, dan tentunya hal ini sempat mengagetkan beberapa orang terdekat saya, katanya “Kamu ingin Jadi Pastor ?” “Pastor itu gak Kawin loh ?” “kamu sanggup, hidup di Seminari yang sangat Tegas, Ketat dan Disiplin ?”, dan masih banyak tanggapan dan pertanyaan lain. Tapi saya percaya, “kalau Tuhan yang memanggil, siapa gerangan yang dapat menolak ?” selain itu menjadi Pastor itu Panggilan, bukan Cita-Cita. Kita lihat saja nanti, apakah saya tetap melanjutkan panggilan Khusus saya, atau malah berhenti di tenggah jalan, untuk menanti panggilan lain sebagai seorang Awam ?. biarlah hal itu hanya Tuhan dan Waktu, yang akan menjawabnya. Selain itu tidak ada kata terpaksa untuk mengikuti panggilan Tuhan.
Mungkin itu saja, pengenalan Singkat dari saya, kalau mau informasi lebih lanjut tentang saya, silahkan add Facebook saya : Zjuan@yahoo.com. Atau Follow Twitter saya @Jefry Renyaan Araujo.

Thank youu, Terima Kasih banyak, Mauliate Ma, Kure Sumanga buda !!


















4 komentar:

  1. Good.. ^^
    Sering-sering posting dong.. Yg ini gw suka bnget.. Pantainya juga bagus, bersih pula.. Di pantai mana ya??

    BalasHapus
  2. Haha, Setuju Hijirill :D
    Lanjutkan Jeje!!

    BalasHapus
  3. @hijiril : pantai soryar, di Biak Timur

    @debby : oke bos (y) :D

    BalasHapus